Tablet dan Matematika


Saya berusaha untuk menyajikan tulisan-tulisan yang berkaitan dengan matematika di blog ini melalui hasil pemikiran saya yang sederhana. Tapi saya merasa, saya ini Genous (baca: jenius), iya saya jenius kata seorang tukang gorengan di pinggir jalan :D.

Sekitar pukul 8-an (malam), sedang terjadi jeda iklan pada sebuah program TV yang saya tonton. Kemudian, saya mencari program TV lainnya yang mungkin menarik. Asyik mencari-cari channel TV, akhirnya bertemu dengan sebuah acara promo barang elektronik (tablet) merek “X” dengan seorang SPG yang berisik. Cukup menarik untuk saya ikuti acara tersebut, awalnya sekitar 1 menit-an, kemudian berlanjut hingga durasi belasan menit terhitung sejak saya tonton acara tersebut. Saya merasa ada beberapa kesalahan dari si SPG, salah satunya adalah menyebutkan harga produk “4 juta-an”, padahal jelas harga barang dagangannya di bawah 4 juta, Rp 3.996.000. Lantas saya berpikir, apakah si SPG ini kurang paham matematika? Entahlah. Berikut beberapa hal yang menurut saya berkaitan dengan matematika dalam acara tersebut, sebagian saya ingat dan lainnya saya catat saja.

Promo sambut akhir tahun,
Harga awal (normal) produk tersebut adalah Rp 3.996.000, penyebutan yang tepat salah satunya adalah “tidak sampai 4 juta”.
Harga pertama: Rp 1.199.000 (harga setelah diskon 70% dari harga normal)
Ingat jika mendapatkan diskon 70%, sama dengan membayar 30% dari harga sebelumnya. Dengan demikian, 30% × Rp 3.996.000 sama dengan

.

Harga hari ini: Rp 1.180.000
Mungkin yang dimaksud dengan “harga hari ini” adalah harga promo pada hari itu sampai dengan pukul 24.00 (waktu setempat), dengan kata lain Anda tidak dapat membeli gadget tersebut dengan harga Rp 1.180.000 di hari lainnya.

Anda tidak punya uang? tidak perlu khawatir karena gadget tersebut bisa Anda miliki dengan cara mencicil tanpa bunga, iya Anda tidak akan diberi bunga jika beli secara kredit :D. Ada dua perhitungan kredit yang ditampilkan yaitu 6 × Rp 199.666 dan 6 × Rp 199.840, entahlah mana yang benar.
Mari periksa,





Diperoleh harga (Rp 1.199.000) pada kredit A sama dengan kredit B. Apakah Rp 1.197.996 sama dengan Rp 1.199.040? Mengapa?

Kembali kepada si SPG yang mengatakan bahwa stok telah tersisa 10 pcs, namun tiba-tiba masih tersedia 16 pcs (padahal stoknya limited). Saya tahu kalau acara tersebut tidak live tetapi apakah mereka tidak berpikir jika ada saya yang sedang menontonnya (Who Am I?) :D. Mungkin cukup sekian sajalah, walaupun masih ada beberapa kekeliruan lainnya dari acara tersebut. Terlepas dari itu semua, setiap manusia memang tidak akan pernah luput dari kekeliruan.


Salam,
Menteri Sunat


Dr. Wahyu SM, M.Sc, SMS, BBM


sumber gambar: puteka85.blogspot.com

# smp negeri 1 situbondo # smpn 1 situbondo # spensasi

0 komentar: