Kue Pie Bukan Pizza (Kemasan Dalam Matematika)

Dalam kehidupan sehari-hari, cukup banyak hal yang salah kaprah namun (sering) dianggap sebagai hal biasa (lumrah), dalam artikel ini saya bermaksud untuk jualan kue dengan label "Wahyu" (oh noooo...), kesalahan-kesalahan tersebut terjadi begitu saja tidak terkecuali pada Matematika. Salah satu contohnya, penulisan latin notasi (simbol) π, ditulis sebagai “phi”. Loh, di mana salahnya? Di hatimu, di penulisan latinnya. Guru saya dulu menuliskannya di papan putih atau hitam, bacalah π dengan phi. Jika penulisan “phi” adalah salah, maka yang ada di benak saya (juga Anda) penulisan latin yang mungkin adalah pi, fee (bayaran), pie (terjemahan: kue pai) kok semakin ngaco saja ya? Setelah menjadi jenius matematika, saya berusaha mencari arti matematika yang sebenarnya sehingga sampailah pada salah satu penemuan tentang jadi diri notasi π.

Notasi π (baca: pi) merupakan huruf ke- 16 dalam aphabet Yunani, sedangkan phi dinotasikan sebagai φ yang merupakan huruf ke- 21 atau sering disebut sebagai rasio emas (golden ratio). Tau gak sih apa itu φ (rasio emas)?
"Dua nilai dianggap berada dalam hubungan rasio emas jika rasio antara jumlah kedua nilai itu terhadap nilai yang besar sama dengan rasio antara nilai besar terhadap nilai kecil"

Diberikan dua buah ukuran a dan b, dengan a > b, maka


















Oke biar gak salah-salah lagi, nih daftar ke- 24 huruf Yunani. Mudah-mudahan setelah ini, kamu sudah bisa ngebedain mana itu Pi dan mana itu Phi ya.




sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Rasio_emas
sumber gambar: www.recipeshubs.com

# smp negeri 1 situbondo # smpn 1 situbondo # spensasi

0 komentar: